10 artikel campuran




Bisnis Digital

Berbisnis dengan memanfaatkan platform digital cenderung menjanjikan keuntungan. Pasalnya beberapa meyakini bahwa beberapa jenis bisnis digital menjanjikan keuntungan meski dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Fakta ini juga didukung bahwa perkembangan trend bisnis digital Indonesia juga terus mengalami kenaikan, ini ditunjukkan dengan besarnya perputaran uang yang terjadi dalam aktifitas di Internet. Sisi lain tentu saja adalah semakin banyaknya pengguna peranti macam smartphone dan sejenisnya.  Bila dirangkum, berikut ini adalah prospek bisnis digital yang masih terus terbuka lebar hingga pertengahan tahun 2017 ini.

1. Situs dengan Platform Mobile-Friendly

Mengembangkan situs web sudah jadi rahasia umum kalau ini bisa mendatangkan banyak keuntungan besar. Hingga hari ini, tingginya angka pengguna smartphone adalah salah satu alasan semakin banyak orang lebih menyukai berkunjung ke situs-situs yang Mobile-Friendly. Pasalnya tentu sangat tidak nyaman ketika mengunjungi situs yang harus zoom in-zoom out, gara-gara situs yang tampil adalah versi layar PC.

2. E-Commerce

Meski keraguan akan belanja online yang identik dengan terjadinya penipuan masih membayangi sebagian orang, tapi yang demikian sama sekali tak menghalangi tumbuhnya E-Commerce di Indonesia. Ditambah dengan integrasi layanan penggiriman yang memungkinan pembeli maupun penjual melacak kiriman secara otomatis menjadikan buka toko online di pasar daring (dalam jaringan) atau biasa dikenal dengan istilah marketplace, mulai mengalahkan kepopuleran sosial media sebagai tempat untuk jualan.

3. Social Media Ads

Memanfaatkan social media advertisment, saat ini mulai dikenal keefektifitasannya untuk mendongkrak bisnis offline. Nilainya yang cukup murah, dengan pengguna yang terbagi secara spesifik menurut demografis, usia dan jenis kelamin jadi keunggulannya. Iklan sangat mungkin muncul pada target pengguna yang tepat.

5. Instagram Stories untuk Mendongkrak Bisnis

Sosial media berbasis gambar yaitu instagram dinilai punya keunggulan. Ini karena setiap gambar yang diposting memungkinkan untuk ditata daam featured stories. Meski hanya punya masa kampanye yang singkat (24 jam) tetapi seorang internet marketer bisa menjadikan ini sebagai satu media kampanye yang memberikan target terukur sesuai dengan featured stories pada hari itu. Tema yang terus baru juga adalah sumber ketertarikan untuk memancing anak muda yang notabenenya adalah pengguna sosial media aktif.
Penyuntingan teks

Penyuntingan teks adalah suatu kegiatan pengeditan, pemeriksaan, mengubah atau merapikan susunan letak dan penggunaan bahasa sebuah naskah tanpa mengubah makna suatu teks atau naskah sebelum dipubliksikan. Orang yang menyunting disebut penyunting dan biasanya penyunting adalah orang yang berpengalaman, paham dan mengerti dalam menunting teks. Tujuan penyuntingan teks adalah untuk mengurangi kesalahan-kesalahan penulis dalam membuat tulisan sehingga kualitas tulisan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Naskah yang disunting biasanya adalah naskah yang bersifat formal, seperti surat kabar, media informasi, dan buku-buku ilmiah.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilihat dalam penyuntingan teks:
1.      Ejaan, penyunting akan memeriksa teks menggunakan aturan ejaan yang disempurnakan atau tidak, jika tidak maka harus disesuaikan. Contoh: mentiup merupaka kata yang imbuhan yang salah. Dalam aturan imbuhan me-, jikan bertemu dengan huruf “t”, maka “t” menjadi hilang. Sehingga kata “mentiup” disunting menjadi meniup.
2.      Kalimat, dalam menulis harus memperhatikan penggunaan struktur kalimatnya, yaitu S-P-O-K atau lainnya. Hal tersebut untuk memperjelas siapa yang menjelaskan dan apa atau siapa yang dibicarakan.
3.       Tanda baca, penggunaan tanda baca seperti tanda titik (.), tanda koma (,), tanda petik (“....”) harus memiliki ketepatan, sehingga perlu diperhatikan juga jika sedang menyunting teks. Contoh: penulisan Herman Susilo SPd. memiliki kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Penulisan yang sesuai dengan kaidah EYD yaitu setelah nama menggunakan tanda koma, dan penulisan gelar dipisahkan dengan tanda titik, seperti berikut Herman Susilo, S.Pd.
4.       Penggunaan kata baku dan tidak baku, penggunaan kata yang tidak baku dalam sebuah karangan dapat merusak maksud dan tujuan penulisan. Seorang penyunting dapat menggunakan kamus Bahasa Indonesia terbaru sebagai perbandingan dalam melakukan koreksi. Contoh: apotik seharusnya apotek, atlit seharusnya atlet, makluk seharusnya makhluk.
  
3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Oleh  Pelari

Lari merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat bagus untuk membakar lemak. Tidak heran banyak orang yang melakukan olahraga ini demi menjaga berat badan dan kesehatannya.
Namun, ada hal yang belum diketahui oleh para orang-orang yang sering  dan rutin melakukan olahraga lari. Apa hal tersebut?
Ada 3 nutrisi penting yang harus dijaga oleh para pelari agar kesehatan  tubuhnya tetap terjaga. Meskipun olahraga lari secara umum membuat badan sehat, tetapi jika dilakukan tanpa memperhatikan nutrisi-nutrisi  di dalam tubuh tercukupi atau tidak, maka lari bisa menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Apa saja ke-3 nutrisi tersebut?

1. Karbohidrat

Nutrisi pertama yang harus tercukupi oleh pelari adalah karbohidrat. Jika kita berlari dengan jarak yang jauh dan itensitas tinggi, namun hanya diimbangi dengan karbohidrat yang rendah, maka itu sama saja dengan mengendarai suatu mobil tanpa memakai bahan bakar.
Meskipun kita sudah mengkonsumsi minuman berenergi, namun asupan karbohidrat yang paling baik yaitu bersumber dari makanan alami yang mengandung gizi. Makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat yaitu seperti ubi jalar, nasi, gandum, dan masih banyak lagi.

2. Zat Besi

Nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu zat besi. Zat besi memiliki peran penting untuk membantu pembentukan sel darah merah, yang mana selanjutnya akan membawa oksigen ke dalam otot tubuh.
Saat berlari, otot akan bekerja dengan keras. Sehingga membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Sumber-sumber makanan yang paling banyak mengandung zat besi adalah jenis kacang-kacangan, daging merah, ikan, tahu, dan bayam.

3. Sodium

Nutrisi yang ketiga adalah sodium, seorang pelari sangat  memerlukan sodium ketika berlari. Hal ini karena sodium memiliki peran penting pada saat berlari, yaitu sebagai pemenuh kebutuhan  cairan tubuh.

Bagi orang yang memiliki keringat asin, sodium merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi. Ciri-ciri orang yang memiliki keringat asin yaitu ketika keringat yang keluar dari area muka mengenai mata, maka mata akan terasa perih.
Sumber makanan dan minuman yang mengandung sodium adalah keju, roti, sup, dan jenis minuman berenergi.

Demikian ke-3 nutrisi yang harus dipenuhi oleh para pelari aktif dan rutin. Jangan karena ingin hidup sehat, tapi melalaikan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga ketahanan tubuhnya.

Janagan Menyerah

Dalam sisi tertentu, hidup adalah sebuah arena bagi kita untuk "bertarung" agar dapat merebut kebahagiaan dalam berbagai wujud. Ketika kita bisa menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah, maka kemenangan itu pasti akan menjadi milik kita.

Tidak ada sesuatu yang tidak membutuhkan perjuangan. Hidup sejatinya mengajarkan manusia untuk bisa menjadi pribadi yang tangguh, karena ketangguhan yang kita miliki akan membuka kesempatan kita untuk dapat meraih sesuatu yang bernilai.

Tidak ada yang instan dalam hidup. Segala sesuatu yang ingin kita dapat harus kita perjuangkan terlebih dahulu. Kita tidak akan mendapatkan apapun tanpa disertai perjuangan yang berarti. Ketika kita terjatuh, maka kita harus bangun dan kembali melangkah serta terus melangkah.

Sebagai manusia, kita tidak selalu bisa memiliki apa yang ingin kita miliki. Namun, kita pasti akan mendapatkan yang lebih baik jika kita mau melakukan yang terbaik. Melakukan yang terbaik bukan diluar kapasitas kita, tapi melakukan yang terbaik sesuai dengan kapasitas kita. Terus berjuang, maka segalanya pasti akan menjadi lebih baik.

Indonesia Terdiri Dari Berbagai Suku

Negara kita Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seantero negeri. Dengan kondisi gegrafis ang begitu luas, maka tak heran jika Indonesia memliki beragam suku dan budaya. Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada suku Jawa, Madura, Betawi, Batak dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Untuk itulah, kita sebagai warga negara Indonesia, harus menghormasti setiap suku yang ada di nusantara. Karena bisa jadi setiap suku memiliki kebudayaan yang berebda dengan budaya suku kita, atau bahkan bertentangan dengan adat budaya kita. Namun kita harus menyadari bahwa itulah kekayaan sesungguhnya dari bangsa kita Indonesia. Kita tidak boleh mencela adat suku lain hanya karena berebeda dengan budaya kita.

Orang Tua Dan Internet

Dewasa ini kita tentu sangat tidak asing lagi dengan keberadaan internet. Hampir di semua lini masyarakat menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhannya. Dari yang hanya butuh untuk eksist, sampai kepada yang menjadi kebutuhan pokok. Ya, dengan internet kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang sangat diperlukan. Para pelajar dan anak kecil pun juga demikian, mereka bisa mendapatkan beragam informasi yang ingin mereka dapatkan. Nah, dari sini kemudian muncul beragam masalah karena arus informasi yang bebas.

Anak kecil yang masih ingin mengetahui secara liar, mereka bebas membaca dan melihat berbagai konten dewasa yang ada di internet. Dan, akan semakin parah ketika mereka mempunyai piranti yang bebas mereka gunakan. Keadaan ini kemudian menjadi semakin kacau ketika orang tua tidak mengerti sama sekali mengenai internet, mereka para orang tua ini tentu tidak bisa membatasi anak yang sedang bermain internet.

Perkembangan Dunia Film Indonesia

Setelah sekian lama mati suri, perkembangan dunia film Indonesia dimulai ketika generasi film Ada Apa Dengan Cinta, Petualangan Sherina dan beberapa film lainnya muncul dan mendapatkan sambutan hangat masyarakat. Sejak saat itu kemudian mulai bermunculan beragam film dengan berbagai genre, yang paling banyak adalah genre horror dengan dibumbui artis yang berpenampilan terbuka. Namun kemudian perkembangan film di Indonesia mengalami kemajuan dalam hal kualitas yang ditandai dengan banyaknya film dari Indonesia yang diminati dunia internasional seperti The Raid, Laskar Pelangi dan yang lainnya.

Dari sini kemudian banyak sineas muda yang berlomba-lomba membuat karya film yang benar-benar menonjolkan kualitas film. Kemudian muncullah berbagai macam film yang sangat menarik untuk ditonton dan sangat bervariasi.

Teknologi

Teknologi adalah sebuah produk yang dihasilkan oleh manusia dengan manfaat dan kegunaan untuk menjadikan kehidupan manusia lebih mudah, lebih maju, dan modern. Dengan adanya pembaharuan dari waktu ke waktu teknologi terus memperlihatkan kecanggihan dan kehebatannya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung aktivitas sehari-hari mereka serta membantu manusia untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Dengan adanya teknologi yang mutakhir manusia dapat memanfaatkan teknologi untuk berbagai macam hal yang sifatnya positif. Seperti halnya teknologi web, kecanggihan teknologi web dapat dimanfaatkan untuk mencari sumber informasi secara online hanya dalam hitungan detik. Kahadiran teknologi web tentunya dapat memberikan sekian banyak kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Setiap individu sebenarnya dituntut untuk bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal-hal yang sifatnya membangun. Adalah sebuah kesalahan dan kondisi yang sangat disayangkan ketika kecanggihan teknologi yang sudah luar biasa seperti sekarang ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mendukung aktivitas-aktivitas yang berguna dan memberikan manfaat tersendiri bagi kehidupan orang tersebut.

Kecanggihan teknologi harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, karena pada dasarnya teknologi itu sendiri diciptakan untuk mempermudah berbagai macam aktivitas atau pekerjaan manusia. 

Mengapa pensil tukang kayu berbentuk segi empat dan bukan bundar atau heksagonal seperti pensil untuk menulis?

Pensil dibentuk seperti itu sehingga pensil itu tidak menggelinding dari tempat tukang kayu bekerja. Bentuk oktagonal yang datar sengaja didesain agar pensil tidak menggelinding di permukaan yang miring, seperti atap. Hal menguntungkan lainnya dari peralatan sederhana ini adalah bahwa pensil untuk ini dapat diraut sampai lancip, yang lebih tahan lama dibandingkan dengan ujung pensil bundar.

Tukang kayu jarang menghabiskan pensil mereka karena biasanya buatannya sangat baik sehingga habisnya sangat lama. Pensil ini sangat kuat untuk membuat garis tebal dan sukar terhapus. Percaya atau tidak, ada banyak orang yang mengoleksi pensil yang sudah dipakai atau pensil baru bermerek. Itulah sebabnya biasanya pada pensil terdapat logo produsen kayu atau perusahaan perkakas yang membuat berbagai pensil yang populer bagi tukang kayu, kolektor, dan tukang kayu yang juga sebagai kolektor.

Apakah ikan pernah tidur?

Yang pasti, ikan tidak pernah menguap. Anda membutuhkan paru-paru dan diafragma untuk melakukan kegiatan itu. Namun, tidur? Itu tergantung bagaimana persepsi tentang tidur. Jika Anda mengartikan bahwa tidur adalah menutup kedua mata Anda, ikan tidak tidur karena ikan tidak punya kelopak mata.

Namun, ikan dapat mengembalikan tenaga dengan beristirahat. Para ilmuwan mengukur tidur dengan melihat gelombang di otak. Mereka tahu kapan ikan tidur karena mereka dapat melihat gelombang otak ikan dan frekuensi gelombang akam melambat saat ikan jatuh tidur.

Beberapa ikan berdiam diri di sekitar kayu-kayuan atau batu-batuan sehingga mereka tampak seperti tidur. Beberapa hiu tetap bergerak meskipun sedang beristirahat karena cara bernapas mereka mengharuskan mereka mendorong air melalui insang. Menurut pandangan manusia, tidak satu pun cara ini terdengar seperti istirahat. Sebagai tambahan : Dolphin (lumba-lumba) tentu saja merupakan mamalia dan BUKAN IKAN dapat “mematikan” setengah dari otaknya dan mengistirahatkannya, dan setengah otaknya lagi cukup tangkas untuk menghindari jenis istirahat seperti ini, yang dinamakan “Unihemispheric deep sleep.” Tidur disini tidak sama dengan standar kita meskipun beberapa spesies dolphin mengganti tidur 7 jam per hari dengan “tidur ayam” dengan setengah otaknya hanya selama 60 detik!

Dolphin (lumba-lumba) tidak hanya “bangun” untuk menghindar dari predator. Mereka harus tetap muncul ke permukaan setiap kali untuk bernafas meskipun mereka memuntahkan kembali. Lumba lumba muda harus ke permukaan setiap 2 menit sekali, sedangkan lumba-lumba dewasa dapat bertahan sampai 10 menit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas softskill kepariwisataan 1